Sabtu, 04 Oktober 2008

Xiu Lian


Mudah-mudahan artikel di bawah ini ada yang suka membacanya dan mengerti apa yang dimaksudkan. Artikel-artikel yang saya tuliskan adalah hasil dari apa yang saya baca dari buku-buku dan dari apa yang saya dapatkan secara lisan dari orang tua saya dan guru-guru saya.
Umur saya sekarang sekitar 62 atau 63 tahunan, sejak kecil saya sudah tergila-gila belajar Kunthauw / Kung Fu dan kemudian berusaha mendalami Tai Chi Chuan. Tetapi rupanya bukanlah hal yang mudah untuk mempelajari Tai Chi Chuan sebagai Tai ji xiu lian ( Tai Chi sebagai Meditasi Gerak) atau sebagai seni bela diri, jadi saya sendiri masih berusaha untuk dapat mencapai tingkat yang dapat dikatakan baik.
Mudah-mudahan tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat bagi yang tertarik dalam Xiu Lian dan Tai Chi Chuan.
DASAR XIU LIAN
Xiu Lian adalah Meditasi dari Ajaran Tao yang melatih hati dan memurnikan Watak Sejati atau XingXiu xin lian xing . Watak Sejati yang murni adalah selaras dengan Tao, setelah selaras degan Tao berarti telah kembali kepada Tao. Sebenarnya tidak dapat dikatakan kembali kepada Tao karena sesungguhnya kita ada didalam Tao dan Tao ada didalam diri kita.
Seperti Zhuang Zi berkata: Ikan-ikan hidup di dalam air tetapi tidak menyadarinya. Manusia hidup di dalam Tao tetapi melupakannya. Jadi kata-kata kembali kepada Tao dapat diartikan sebagai Pencerahan akan Tao.
Dalam Ajaran Tao dikatakan segala-galanya berproses atau berkembang dari Tao. Sesuatu yang berproses atau berkembang tetap mempertahankan hubungan dengan asal muasalnya atau induknya.
Buah mangga bukanlah diciptakan atau dibuat oleh pohon mangga tetapi berbuah secara alamiah dari pohon mangga. Karena itu tanah, akar, batang, bunga dan buah merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Begitu juga Alam semesta yang mempunyai beranekaragam benda-benda termasuk mahkluk hidup didalamnya adalah satu kesatuan dan tak terpisahkan dari Tao.
Wu Ji ( ) melahirkan Tai Ji (太 极), ketika Tai Ji bergerak ( Dong ,动 ) lahirlah Yang atau energy positive,
Ketika pergerakan mencapai titik klimaks timbullah Ketenangan (Jing ) dan lahirlah Yin atau energy negative.
Demikianlah Pergerakan dan Ketenangan saling mengikuti. Yin dan Yang, Ketenangan dan Pergerakan atau Diam dan Gerak adalah kekuatan dari Penciptaan (Force of Creation).
Dari Yang dan Yin terciptalah Elemen2 : Jin (emas/logam) , Shui (air), Mu (kayu), Huo (Api), Tu (Tanah). Kelima elemen saling mendukung dan menghasilkan empat musim. Lima Elemen berasal dari Yin Yang, Yin Yang berasal dari Tai Ji dan Tai Ji berasal dari Wu Ji.
Dari Lima Elemen dan Inti dari Wu Ji timbullah Generative Energy atau Jing .
Dari jalan Langit, Qian , lahirlah laki2. Mengikuti jalan Bumi, Kun , lahirlah Perempuan. Bersatunya Qian dan Kun timbullah tak terhitung benda-benda, Wan Wu . Wan Wu mengembangkan dan mendukung semua benda yang berasal dari Wu Ji.
Wu Ji adalah Xian Tian 天,yaitu keadaan yang harmoni dan selaras dengan Tao.
Keadaan sekarang disebut Hou Tian 天,dimana sudah adanya kehidupan seperti sekarang dan alam tidaklah seharmoni dan tidak begitu sempurna seperti dalam Xian Tian.
Untuk mencapai pembebasan yaitu pembebasan dari keinginan dan pandangan yang palsu maka kita harus kembali kealam Xian Tian. Tentu kita akan bertanya, pandangan dan keinginan palsu yang bagaimana?
Misalnya buah mangga yang harum dan manis dan karena keharuman dan manisnya maka menjadi sombong dan mengira bahwa dirinya lebih baik dari yang lainnya. Ia memandang rendah Bunga yang lebih cepat layu, batang yang kelihatannya buruk atau Tanah yang dianggapnya kotor. Bukankah pandangan seperti itu palsu? Karena tanpa tanah yang kotor atau bunga yang lebih cepat layu tidak akan ada buah mangga yang harum dan manis. Buah mangga harus membebaskan dirinya dari pandangan yang palsu dan harus dapat menerima keadaan alamiahnya yang sesungguhnya.
Kembali kepada Tao adalah perubahan dari Hou Tian menjadi Xian Tian atau kembali kepada Original Nature, kembali kepada Asal Muasal Alamiah kita yaitu menuju Panjang UmurZhang sheng bu lao ( ) dan kemudian pada Keabadian.
Dalam Ajaran Tao pencapaian Kesehatan dan Panjang Umur adalah diumpamakan dengan mengolah Logam dasar menjadi Logam Murni.
Prosesnya adalah mengenai mengumpulkan (Gathering), Memurnikan (purifying, Menyimpan (Storing) Internal Energy didalam tubuh. Proses ini adalah memurnikan benih Yuan Shen ( ) yang merupakan inti kesehatan dan panjang umur.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Suhu Handaka,

saya saat ini sedang mempelajari tai chi sebagai seni bela diri, tetapi sampai saat ini pun saya masih belum menguasai teknik tenaganya. Saya mengakui belajar tai chi sebagai seni bela diri memang sulit, tapi saya sangat tertarik untuk menguasainya. Karena menurut saya tai chi adalah seni bela diri yang tidak kasar/keras tapi tai chi memiliki kemampuan yang besar untuk melakukan perlawanan. Seperti halnya peribahasa "Diam-diam menghanyutkan", seni beladiri yang "low profile" :D

Terima kasih

Handaka Tania mengatakan...

Terima-kasih u kunjungannya, tapi ngomong2 siapa anma anda?
Memang belajar Taiji tidaklah mudah tapi juga tidak susah, yang sulit adalah mengatasi rasa bosan sebelum dapat merasakan nikmatnya berlatih. Jadi setengah jalan sudah bosan.
Belajar Taiji untuk kesehatan atau untuk bela-diri atau sebagai latihan spiritual jalannya adalah satu yaitu kita harus betul2 memahami fasafatnya. Dengan memahami falsafatnya maka kita akan dapat lebih memahami apa itu Taiji. Mudah2an artikel2 saya selanjutnya dapat membantu anda. Terima-kasih atas kujungannya, selamat belajar dan berlatih karena sayapun masih terus harus belajar. Belajar tidak akan ada habisnya. Semangat!

7oko mengatakan...

Perkenalkan nama saya Djoko, sudah lama saya tertarik dengan Tai Chi, tapi bar kali ini saya mendapatkan alamat bapak. Ajaran Tai Chi, diakui ajaran kelembutan yang menyimpan tenaga atau kekuatan dahsyat yang didasari welas asih berbudi luhur. Yang ingin saya tanyakan adakah ajaran Tai Chi yang spesialis ke spiritual, maklum pak usia kami sudah kepala lima? Pertanyaan kedua berapa lama kita bisa menguasai dasar-dasar Tai Chi. Terima kasih

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Pak Djoko,
Terima-kasih buat kunjungannya.
Belajar Taiji (Taichi) untuk kesehatan atau untuk sebagai seni beladiri atausebagai latihan spiritual pada dasarnya adalah sama. Yaitu Fangsong atau relaksasi dan bengan relaks maka pikiran kita jadi tenang, pikiran tenang maka fisikpun jadi relaks, Begitu juga fisik yang relaks akan membuat pikiran jadi relaks/tenang.Dengan fisik dan pikiranan yang relaks maka kesadaran kita akan terbina. Wah tapi penjelasannya akan sangat panjang jadi harap ikuti saja tulsan2 saya nanti selanjutnya.
Mengenai kata dasyat, saya tidak dapat mengatakan yah atau tidak karena latihan Taiji sebenarnya adalah latihan mengenal hukum alam melalui tubuh kita sebagai microcosmos dan kemudian membina diri atas dasar menyelaraskan diri dengan hukum alam semesta. Semua dilakukan secara sadar, relaks dan alami.
Ok Pak Djoko saya tunggu nanti dalam latihan Intensif di Bumi Tridharma. Xiexie.

7oko mengatakan...

Pak Handaka yang baik,


Ada satu pertanyaan yang belum dijawab,berapa lama mempelajari dan bisa menguasai dasar Tai Chi. Terus tambah pertanyaan lagi, sebelum bisa bergabung pada 24 Desember nanti di Cipanas, apakah saya bisa ikut latihan dulu guna penyesuaian?
Karena aktifitas saya di Jakim apakah ada tempat latihan di kawasan Jaktim, kalau saya denger kabar di wihara belakang LP Cipinang. Terima kasih.
Salam hormat saya, Djoko

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Pak Djoko,
Menjawab pertanyaan berapa lama dapat menguasai dasar Taiji sebenarnya agak sulit dan tergantung pribadi orang yang belajar dan tujuannya jadi untuk lebih jelasnyasaya tunggu pak Djoko di Telp. saya.
Ok?
Xiexie.

7oko mengatakan...

Pak Handaka yang baik,

Pak, kalau saya melihat lambang/logo Tai chi yang bapak bimbing kok sama dengan logo pernafasan Garuda Jaya apakah masih ada pertalian ajaran. T Kasih

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Pak Djoko,

Sorry saya belum pernah lihat lambang dari Garuda Jaya dan saya sama sekali baru mendengarnya sekarang.
Arti Logo PW Alam Semesta sudah saya pakai sejak tahun 1978 dengan nama PS Alam Semesta yang mempunyai arti sbb:
Lingkaran Taichi melambangkan Alam Semesta atau Hukum Alam yang bersifat Universal. Gambar Rajawali atau garuda melambangkan Sifat Kesatria. Jaji Rajawali didalam lingkaran Taichi melambangkan bahwa kita sebagai manusia tidaklah boleh melanggar hukum Alam/tidak boleh keluar dari hukum alam. Yang keluar/melanggar maka akan hancur dengan sendirinya.
Semoga uraian ini dapat menjelaskan pertanyaan yang Pak Djoko sampaikan.
Terima-kasih.

Anonim mengatakan...

Tai chi adalah beladiri yang sangat unik.

Regards