Jumat, 31 Oktober 2008

TAI CHI CHUAN

TAI JI QUAN

Kita sering mendengar kata2 Tai Ji quan (baca: Tai Chi Chuan ) dan malah banyak pula diantara kita yang pernah atau sedang mendalami Tai Ji Quan, tetapi tidak sedikit yang menganggap Tai JI Quan hanyalah sebagai Senam Pernapasan untuk kesehatan tubuh atau hanya sebagai suatu aliran Seni Bela Diri saja. Sebenarnya bila kita berlatih Tai Chi Chuan sesuai dengan prinsip2 yang dikandungnya maka bukan saja Kesehatan Lahir Batin dan Tehnik2 Seni Bela Diri yang handal yang akan kita peroleh tetapi sesuatu yang lebih luhur akan dapat kita capai, yaitu pencapaian yang dapat dicapai bila kita bermeditasi yaitu Pencerahan/Kesadaran yang luhur.

Tai Ji Quan adalah Meditasi Gerak, karena waktu berlatih Tai Ji Quan banyak prinsip2 Tai Ji Quan yang sama bila kita sedang bermeditasi. Ada Naskah penganut ajaran Tao yang mengatakan: Longgarkan tubuh anda dan beristirahatlah dalam ruang yang kosong”. Bukankah kata2 “longgarkan tubuh anda” adalah sesuai dengan releks sepenuhnya dalam Tai Ji Quan? Ketika anda melonggarkan tubuh anda dan releks maka secara wajar Qi (baca: Chi/Energy) akan tenggelam ke Tan Tian dan ini sesuai dengan teori Qi Chen Dan Tian dalam latihan Tai Ji Quan.

Dasar yang penting dalam berlatih Tai Chi adalah Song atau kendur atau releks, konsentrasi yang disertai kesadaran, bebasnya pikiran dari emosi dan angan2, keseimbangan, irama, kelenturan dll.

Fang Song

MENGENDURKAN SELURUH TUBUH.

Mengendurkan tubuh atau Fangsong adalah yang Utama dan Dasar dari latihan Tai Ji Quan. Hal yang tak dapat diabaikan dan paling dituntut dalam berlatih Tai Ji Quan.

Hal yang sulit dalam berlatih Tai Ji dan juga merupakan ukuran dasar dan aspek yang begitu penting bagi penggemar Tai Ji Quan karena bila tubuh kita tidak Fangsong maka sulit untuk mendapatkan intinya ilmu Tai Ji Quan. Tidak sedikit yang tidak mengerti dengan jelas mengenai Fangsong, gerakanya canggung dan ngotot, ada yang gelisah dan postur tubuh yang dipaksakan dan menjadi keras. Ada yang hanya tahu berlatih jurus2 saja dan masih belum paham mengapa harus kendur dan bagaimana.

Latihan dengan pemahaman yang baik mengenai hal ini sangat penting. .

Fangsong/kendur/releks adalah metode khusus dalam berlatih Tai Ji Quan dengan tujuan menghilangkan kekerasan/kekakuan membina keluwesan kita sering mendengarnya dengan istilah Qu Jiang Qiu Rou 柔。

Berlatihlah dengan perasaan yang ringan dan senang, tidak ada perasaan gelisah atau tekanan. Setiap persendian anggota tubuh, organ tubuh sampai otot haruslah ulet dan kendur serta mengembang. Sepenuhnya perhatikan dan kendurkan bahu, pinggang, pinggul, kaki. Gunakanlah tulang punggung secara alami menopang berdiri, sedikitpun tenaga yang kaku tidaklah diperkenankan.

Gerakan harus lembut lincah , bebas dan lancar yang berarti: Tidak terburu-buru dan tidak lamban, tidak longgar/terpecah dan tidak mandek, tidak boleh rapuh dan tidak asal-asalan.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh bila kita dapat berlatih Tai Ji Quan dengan mengikuti prinsip2nya dengan benar.

-Fang song dapat membantu menghilangkan kelelahan. Terutama otak besar dapat menyesuaikan dan berpikiran dengan jernih serta dimurnikan. bersamaan dengan ini keempat anggota tubuh dan tulang2 secara menyeluruh mendapat rangsangan yang berguna hingga setiap sistim yang berhubungan saling berkoordinasi dan bermanfaat. Kondisi Batin dan Fisik seimbang dan sangat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

-Merubah gerakan menjadi luwes, lincah dan terkoordinir, gerakan yang kaku keras dan canggung dapat dihindari.

-Qi Chen Dan Tian, , Fangsong akan mempermudah Qi (baca: chi/energy) turun/tenggelam ke Tantian hingga menjadi “ atas kosong bawah berisi” dan tubuh menjadi stabil dan ketika mengerahkan tenaga menjadi kuat dan mantap. Dapat dikatakan “Tidak bisa Fangsong maka waktu mengerahkan tenaga tenaga tidak akan dapat dikerahkan dengan sempurna.

-Dengan Fangsong kita dapat melatih Kesadaran karena dengan kesadaran maka kepekaan rasa dapat diperoleh. Dengan adanya kepekaan rasa maka Gaya Tenaga Tai Ji Quan dapat dipahami. Gaya Tenaga ini biasa disebut Qiao Jing 劲。

-Memperlancar peredaran darah dan Qi hingga mencapai apa yang disebut Shu Jin Huo Xie 血。 Memperlancar peredaran darah, merenggangkan otot dan persendian tulang, membantu metabolisme. Menghidari sesak napas, jantung berdebar bahkan memperlancar Qi yang macet, gula darah dan efef2 lainnya.

-Melatih kelembutan, membina keluwesan menjadi kekuatan. Hanya bila ada keluwesan baru dapat timbul kekuatan, Tidak ada keluwesan maka tidak ada kekuatan.

Qu Jiang Qiu Rou, Ji Rou Cheng Gang, Gang Rou Xiang Ji, 柔,积 刚,刚 济。Hilangkan kekerasan binalah keluwesan, binalah keluwesan menjadi kekuatan, kekuatan dan keluwesan saling mendukung.

Bersamaan waktu, dalam berlatih, kita dapat menemukan proses yang berarti dan betapa dalamnya Tai Ji Quan serta bertambahnya pengertian mengenai kaidah2 dan metode2 Tai Ji Quan.

8 komentar:

Izur mengatakan...

Salam kenal Suhu..
Saya tertarik utk mengenal Tai Chi lebih jauh. Bisakah Suhu menyampaikan ttg asal usul Tai Chi? Saya pernah mendengar bahwa Tai Chi itu ada beberapa versi aliran. Benarkah demikian?
Terima kasih sebelumnya.

Hendra Bujang mengatakan...

Halo Suhu...pa kabar? Mudah2-an selalu sehat n segar bugar

Suhu, saya mau tanya beberapa hal yang masih belum paham..mohon diberi petunjuk
1) Dari beberapa literatur, dijelaskan bahwa Tai Chi marga Chen penuh dengan gerakan yang sulit, pendek, menghentak (seperti fajing)dan bertenaga serta cepat. Apakah ada perbedaan unsur teknik dalam hal penggunaan/pembangkitan tenaga yang mendasar dengan Tai Chi Marga Yang? Setahu saya Tai Chi Marga Yang luwes, gerakan melebar, lembut dan sangat luwes.
2) Beberapa waktu yang lalu, saya sempat melihat peragaan Tai Chi. Uniknya orang yang beradu tenaga dengan si Praktisi Tai Chi justru terpental seperti orang yang dipaku berkali-kali tetapi dalam keadaan mundur (lebih tepatnya mirip seperti zombie di film2 kungfu horor klasik, tapi bedanya orang tersebut lompat mundur berkali-kali). Apakah ada teknik atau latihan tenaga yang berbeda sehingga menghasilkan "gaya tolakan" yang berbeda? Dalam beberapa kasus, yang kita tahu adalah langsung terjengkang/terpental jauh ke belakang
3) Kebetulan saya sempat search beberapa film mengenai Tai Chi. Terdapat beberapa hal yang unik sekali. Di Amerika terdapat seorang praktisi Tai Chi (Dr Yeung) yang mampu mengendalikan orang dari jarak jauh (mendorong/membanting/transfer energi dll) tanpa menyentuh tubuh dan tanpa unsur-unsur "doa/mistik/magic". Surprisenya: tenaga tersebut bahkan dapat digunakan untuk menghadapi 10-15 orang sekaligus! Dari beberapa gerakan yang saya perhatikan, ternyata mirip dengan Tai Chi Marga Yang (latihannya sangat relax dan lembut). Apakah Tai Chi tersebut merupakan murni aliran Tai Chi Marga Yang atau memang ada jenis-jenis ilmu Tai Chi langka yang baru kembali muncul?
4) Pada waktu beberapa teman baik saya liburan ke China, kebetulan mereka sempat bertemu dengan beberapa praktisi Tai Chi. Diantaranya ada yang mampu "menyetrum" orang baik dengan cara menyentuh ataupun disentuh langsung tubuhnya. Dulu waktu ada Shaolin Show di USA, kebetulan ada pameran chi kung dari salah satu Bhiksu dengan menyalakan bohlam dari genggamannya. Apakah "ilmu" tersebut sama? Bagaimana cara mengolah tenaga dalam kita sampai menjadi "energi listrik" tersebut Suhu? pasti teknik tersebut tinggi sekali....

Sori pertanyaannya kebanyakan Suhu, tapi memang belajar Tai Chi membuat kita semakin penasaran dan ingin banyak tahu apalagi ternyata ilmu Tai Chi itu memang luar biasa sekali aplikasinya...

Btw, Suhu ada alamat email? kalau aku di: hendra_bujang@yahoo.com atau hendra_lung@asiamail.com

Thanks a lot Suhu

Best Regards
Hendra Bujang
Pemerhati PW ALAM SEMESTA

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr.Izur, salam kenal juga.
Mengenai asal usul Taiji adalah banyak versi. Ada yang mengatakan bahwa Taiji berasal dari Wu Tang atau Butong, ada yang mengatakan bahwa sebelumnya Tai ji quan sudah ada yang menurut buku karya Guru Besar Chen Wei Ming mnengatakan bahwa selain Chang San Feng ada empat perguruan lainnya lagi yaitu: 1) Hsu Hsuan-ping dapa dinasti Tang yang diteruskan kepada Sung Yuan-Chiao. 2.Fu Tzu-li mewariskannya pada keluarga Yu. 3.Han Kung - yueh mewariskannya kepad Chen Lung-hsien. 4.Ying Li-hen mewarikan Taichi kepada Hu Ching-tzu.
Kalau tidak salah Chang San Feng hidup apa awal dinasti Yuan sedangkan Dinasti Tang lebih awal dari Yuan. Wah.. saya juga pusing kalau menelusuri siapa yang pertama-kali menyebarkan Taichi dan saya tidak terlalu merisaukannya karena yang penting adalah rasa hormat saya kepada semua para Pendahulu tersebut. Sekarang ini yang paling melekat dalam ingatan saya adaloah Taichi yang populer sekarang berasal dari desa Chen Jia Kou yaitu desar Marga Chen (Tan.Begitu juga Taichi Marga Yang berasal dari Chen Jia Kou tetapi kemudian berkembang mengikuti gaya dan penekan pada prinsup2 Taichi yang ada. Ok? Mudah2an penjelasan saya ini benar dan tidaklah menambah kebingungan karena yang penting kita berusaha memahami dan mendalami Taichi secara tepat, umumnya prinsip2 Taichi yang berlaku adalah sama yang berbeda hanyalah gaya dan penekanan.
Ok, Salam.

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr. Hendra,
Wah pertanyaannya banyak betul dan saya rasa jawabannya juga akan sangat panjang.
Tetapi semuanya mungkin akan terjawab bila anda mengikuti terus tulisan saya selanjutnya. Atau kalau sempat datanglah mampir kerumah saya.
Ok? Jangan kecewah loh.
Terima-kasih buat alamat E-mailnya. Nanti saya akan kirim E-mail keppd anda.
Oh..yah, seperti biasanya setiap tahun kita akan mengadakan latihan intensif selama lima hari di Puncak dr. tgl.24 Dec sore s/d.29Dec2008.
Bagaimana ada minat engga?
Keterangan lengkap dapat menghubungi Sdr.Tjong Sen telp.No.021.70164219 dan 8817917.
Xiexie

hendry mengatakan...

Halo Suhu,

Salam kenal ya.
Nama saya hendry, tinggal di Bandung. Saya tahu web ini dari e-mail sdr. Hendra yang di atas. Saya ikut ya baca-baca yang Suhu tulis di sini, tapi sekarang masih banyak yang belum dimengerti. Belum "nyampe".. :D

O iya, saya juga dapat email pendaftaran untuk diklat nanti dari Sdr. Hendra. Wuih saya tertarik untuk belajar Taiji. Hanya saja agak bingung, karena biaya dan saya tidak tahu apa saya bisa keburu pada waktu tersebut, karena masih harus menyiapkan Tugas Akhir kuliah saya untuk disidang di awal Januari. :(

O iya, yang Suhu pelajari Yang Taiji kah? Apakah sama dengan Taiji 24 atau 48 itu?

Salam kenal dan terimakasih,
Hendry Kuishando
e-mail: gu_tianyou@yahoo.com

Handaka Tania mengatakan...

Hendry, selamat datang di blog ini, senang berkenalan dengan anda.
Mungkin yg anda maksud adalah latihan intensif di Bumi Tridharma, Cipanas dari tgl.24Dec sore/malam sampai tgl.29Dec.siang. Yang akan dilatih adalah Taiji Yang style juga tetapi bukan yang 24 atau yang 48.
Mengenai biaya sebenarnya itu panitia yg menentukan dan saya yakin panitia tidak mengambil keuntungan karena mereka adalah murid2 saya juga. Biaya tersebut adalah untuk sewa tempat/kamar dan konsumsi makan pagi, siang, dan sore dll. Kalau Hendry keberatan dengan biaya atau waktunya bisa saja datang berlatih kerumah saya di Depok atau silahkan call saya dulu di0217700279.
Ok? Saya tunggu callingnya.
Terima-kasih atas kehadirannya dan jangan patah semangat untuk selalu belajar, baik kuliah maupun belajar Taiji quan. Mudah-mudahan kita berjodoh. Semangat!!!
Salam.

E- Adena mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Handaka Tania mengatakan...

Hallo Riza,

Maaf saya baru dapat jawab sekarang.
Mengenai latihan di daerah Serpong atau Alam Sutra saat ini masih belum ada rencana. Jadi kalau mau latihan terpaksa harus ke Depok tapi tentu saja sangat jauh. Saya yakin bahwa di Alam Sutra pasti ada perguruan Taichi yang lain jadi anda dapat ikut latihan disana.
Sorry yah, tetapi terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Salam

Suhu Handaka Tania.