Senin, 06 Oktober 2008

TENAGA DALAM

NEI GONG ( )

Internal Energy adalah Tenaga Dalam. Nei gong ( ) Tenaga dalam disini adalah Tiga macam energy dalam bentuk murni. Kita mengenalnya yang pertama sebagai Jing ( )atau Generative Energy yaitu suatu Zat yang bila masuk kekandung Sperma maka akan menjadi Sperma dan bila masuk keindung telur maka menjadi Telur/ Oval. Kemudian yang kedua Qi ( baca: Chi) adalah energy Vital dan yang ketiga adalah Shen atau Spiritual Energy/Ling Qi (灵 )。

Ketika kita dalam kandungan Ibu, ketiga energy ini, yaitu Jing Qi Shen ada dalam keadaan bentuk aslinya dan tidaklah ternoda.

Waktu pertama kali menarik napas, melakukan kegiatan sexual, berpikir melekat pada kebendaan dan keduniawian maka Jing Qi Shen tersebut menjadi tidak murni dan kehilangan kwalitas Xian Tian ( )

Proses merubahnya kembali kekeadaan semula atau aslinya adalah dengan mempersatukan Jing Qi Shen dan memurnikannya Pemurnian dan mempersatukan Jing Qi Shen tersebut adalah diumpamakan bagai melebur Logam Dasar menjadi Logam Murni dimana didalam wadah peleburan “Logam Dasar” tersebut dibersihkan dan dimurnikan.

Dalam proses peleburan tersebut biasanya kita mengenal istilah kompor atau anglo sebagai generator dan ketel sebagai wadah peleburan. Dalam pemurnian tersebut, Dan Tian bawah ( ) adalah tempat Api kimiawi dibentuk.

Jing Qi Shen masing2 dimurnikan dalam masing2 Ketel yaitu bawah, tengah dan atas. Pada tubuh fisik Dan Tian Atas ( ) adalah terpusat diantara kedua Alis Mata. Dan Tian Tengah ( ) terpusat di solar plexus dan Tan Tian Bawah terpusat satu inch dibawah pusar dalam Akupunkture disebut Qi Hai atau lautan energy.

Dan Tian ( ) bukanlah suatu titik point seperti dalam charka tetapi suatu area seperti ditunjukan dalam hurup Tian yang berarti sawah.

Dalam proses pemurnian seringkali kita mendengar kata2 sebagai berikut:

Lian Jing Hoa Qi, Lian Qi Hoa Shen, Lian Shen Hoa Wu Qi…

气,练 神,练 。。。

Melatih Jing (Generative Energy) merubah dan memurnikannya menjadi Qi (Energy Murni/Zhen Qi ( ) yaitu Energy yang tak dapat diraba).

Melatih Qi (Energy Murni ) merubah dan memurnikannya menjadi Ling Qi (Spiritual Energy) atau Shen )。 Ling Qi tidak berbentuk dan dapat disalurkan ke organ2 tubuh dan keseluruh tubuh. Bila tubuh terisi oleh energy ini, tingkat ini dikenal sebagai Wu Xing (Lima Elemen ) kembali keasalnya.

Melatih Shen (Spiritual Energy) memasuki Alam Wu Ji. Pada tingkat ini Kan (Air) berinteraksi dengan Li (Api). Ini adalah penyelaman Api didalam Air (Immersion of Fire in Water), Yuan Shen diproses ke penyempurnaan, kembali keasal muasal yaitu Alam Wu Ji . Tingkat ini dikenal sebagai pengembangan dari Yuan Shen kembali pada “kekosongan” atau bila kita bandingkan dengan Ajaran Buddha kekosongan ini berarti kesunyataan, kemudian pengembangan kekosongan/void manunggal dengan Tao.

Dimanakah letak Gerbang Menuju Keabadian tersebut?

Penganut Ajaran Tao menamakannya sebagai Xuan Guan atau Gerbang Misterius atau Lembah Spirit. Gerbang atau pintu berarti membuka dan lembah berarti menunjukan kekosongan/Void.

Pada tingkat fisik Lembah Spirit adalah Ming Men atau Gerbang Kehidupan terletak pada tulang belakang diantara kedua Ginjal. Ming Men mengontrol pergerakannya Jing (generative energy) di Dan Tian Bawah (daerah dibawah pusar).

Pada tingkat spiritual adalah kesadaran yang terbebas dari sensasi2 Enam Napsu Indra yaitu Lima Indra ditambah dengan Pikiran (bentuk2 Pikiran) kita kenal sebagai Liu Yi dan Emosi biasa disebut sebagai Qi Qing atau Tujuh macam Emosi yaitu Senang, Marah, Sedih, Takut, Asmara, Dengki dan Ambisi, Xi Nu Ai Ju Ai E Yu )。

6 komentar:

Anonim mengatakan...

ok banget,ini yang saya cari selama ini. thanks

Handaka Tania mengatakan...

Terima-kasih atas ketertarikan anda.
Ngomong2 nama anda siapa?

Anonim mengatakan...

wah keren nih, nanti bisa terbang

Akian mengatakan...

Suhu Handaka, mau dong belajar Tai chi. Suhu buka kelas untuk umum tidak???Terima kasih

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr.Acien,
Xiexie buat kunjungannya di blog ini.
Mengenai kelas untuk umum saya buka dirumah saya tiap selasa malam dan tiap tahun saya membuka kelas kilat/intensif in Puncak selama 4 atau 5 hari. Nanti akan diadakan mualai tgl.24 Dec. sore sampai dengan tgl.29 Dec.2008 siang. Kamar dan makan disediakan. Kalau berminat silahkan hubungi Pak Liauw Cong Sen di No.8817917 atau Flexi No.02170164219.
Salam.

Unknown mengatakan...

Salam kenal suhu...
Saya ingin mempelajari seni bela diri Tai Chi ataupun seni bela diri china lain nya. Tapi saya sudah 30 tahunan dan bentuk badan saya gemuk, apakah masih bisa mengikuti? dimana saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut?
Terimakasih.
Lucky