Kamis, 17 Juni 2010

NEI GONG( TENAGA DALAM)

NEI GONG / TENAGA DALAM( )

Internal Energy adalah Tenaga Dalam. Nei gong ( ) Tenaga dalam disini adalah Tiga macam energy dalam bentuk murni. Kita mengenalnya yang pertama sebagai Jing ( )atau Generative Energy yaitu suatu Zat yang bila masuk kekandung Sperma maka akan menjadi Sperma dan bila masuk keindung telur maka menjadi Telur/ Oval. Kemudian yang kedua Qi ( baca: Chi) adalah energy Vital dan yang ketiga adalah Shen atau Spiritual Energy/Ling Qi (灵 )。


Ketika kita dalam kandungan Ibu, ketiga energy ini, yaitu Jing Qi Shen ada dalam keadaan bentuk aslinya dan tidaklah ternoda.

Waktu pertama kali menarik napas, melakukan kegiatan sexual, berpikir melekat pada kebendaan dan keduniawian maka Jing Qi Shen tersebut menjadi tidak murni dan kehilangan kwalitas Xian Tian ( )

Proses merubahnya kembali kekeadaan semula atau aslinya adalah dengan mempersatukan Jing Qi Shen dan memurnikannya Pemurnian dan mempersatukan Jing Qi Shen tersebut adalah diumpamakan bagai melebur Logam Dasar menjadi Logam Murni dimana didalam wadah peleburan “Logam Dasar” tersebut dibersihkan dan dimurnikan.


Dalam proses peleburan tersebut biasanya kita mengenal istilah kompor atau anglo sebagai generator dan ketel sebagai wadah peleburan. Dalam pemurnian tersebut, Dan Tian bawah ( ) adalah tempat Api kimiawi dibentuk.


Jing Qi Shen masing2 dimurnikan dalam masing2 Ketel yaitu bawah, tengah dan atas. Pada tubuh fisik Dan Tian Atas ( ) adalah terpusat diantara kedua Alis Mata. Dan Tian Tengah ( ) terpusat di solar plexus dan Tan Tian Bawah terpusat satu inch dibawah pusar dalam Akupunkture disebut Qi Hai atau lautan energy.

Dan Tian ( ) bukanlah suatu titik point seperti dalam charka tetapi suatu area seperti ditunjukan dalam hurup Tian yang berarti sawah.

Dalam proses pemurnian seringkali kita mendengar kata2 sebagai berikut:

Lian Jing Hoa Qi, Lian Qi Hoa Shen, Lian Shen Hoa Wu Qi…

气,练 神,练 。。。


Melatih Jing (Generative Energy) merubah dan memurnikannya menjadi Qi (Energy Murni/Zhen Qi ( ) yaitu Energy yang tak dapat diraba).

Melatih Qi (Energy Murni ) merubah dan memurnikannya menjadi Ling Qi (Spiritual Energy) atau Shen )。 Ling Qi tidak berbentuk dan dapat disalurkan ke organ2 tubuh dan keseluruh tubuh. Bila tubuh terisi oleh energy ini, tingkat ini dikenal sebagai Wu Xing (Lima Elemen ) kembali keasalnya.

Melatih Shen (Spiritual Energy) memasuki Alam Wu Ji. Pada tingkat ini Kan (Air) berinteraksi dengan Li (Api). Ini adalah penyelaman “Api” didalam “Air” (Immersion of Fire in Water), Yuan Shen diproses ke penyempurnaan, kembali keasal muasal yaitu Alam Wu Ji . Tingkat ini dikenal sebagai pengembangan dari Yuan Shen kembali pada “kekosongan” atau bila kita bandingkan dengan Ajaran Buddha kekosongan ini berarti kesunyataan, kemudian pengembangan kekosongan/void manunggal dengan Tao.


Dimanakah letak Gerbang Menuju Keabadian tersebut?


Penganut Ajaran Tao menamakannya sebagai Xuan Guan atau Gerbang Misterius atau Lembah Spirit.

Gerbang atau pintu berarti membuka dan lembah berarti menunjukan kekosongan/Void.

Pada tingkat fisik Lembah Spirit adalah Ming Men atau Gerbang Kehidupan terletak pada tulang belakang diantara kedua Ginjal. Ming Men mengontrol pergerakannya Jing (generative energy) di Dan Tian Bawah (daerah dibawah pusar).

Pada tingkat spiritual adalah kesadaran yang terbebas dari sensasi-sensasi Enam Napsu Indra yaitu Lima Indra ditambah dengan Pikiran (bentuk2 Pikiran) kita kenal sebagai Liu Yi dan Emosi biasa disebut sebagai Qi Qing atau Tujuh macam Emosi yaitu Senang, Marah, Sedih, Takut, Asmara, Dengki dan Ambisi, Xi Nu Ai Ju Ai E Yu/Yi /意)。

Enam Napsu Indra dan Tujuh macam Emosi ini adalah tiga belas anasir yang bila ada dalam control Shen/mind atau kesadaran pikiran maka akan menjadi 13 anasir yang menghidupkan, tetapi bila Shen yang dikuasai ketiga belas element tersebut maka akan menjadi 13 anasir yang merusak dan bahkan mematikan.

Contoh:


Bila emosi2 yang berlebihan hingga menguasai kita punya Shen/Pikiran/Kesadaran maka akan menjadi unsur yang merusak.


Senang/gembira/suka-cita unsurnya API ( Panas ) , akan melukai Jantung, Sampul Janjung, Usus Kecil san San Ciao.


Marah, unsurnya adalah KAYU ( Angin ), akan melukai Hati, Kandung Empedu.


Ketakutan usurnya AIR ( Dingin ), akan melukai Ginjal dan Kandung Kemih.


Sedih/Susah/Cemas/Bimbang unsurnya LOGAM ( Kering ), akan melukai Paru-paru dan Usus Besar.


Obsesi/Kuwatir unsurnya TANAH ( Lembab ), akan melukai Limpa dan Lambung.


Cinta yang membabi buta akan mempengaruhi pikiran.


Kedengkian/Kebencian akan mempengaruhi perangai atau sifat kita.


Kita yang berlatih Taichi chuan atau Xiu lian, hindarilah sesuatu yang ektrim, sesuatu yang berlebih-lebihan dan sok agung2 an/sikap merasa lebih baik dari yang lain. Bersikaplah yang wajar dan alami begitu juga dalam jurus2 Taichi chuan.


Sesuatu yang ekstrim, berlebihan atau sok agung2an akan membuat ketidak seimbangan.


Contohnya dalam memilih makananpun bila berlebihan maka akan berpengaruh buruk:


Terlalu banyak makan manis akan mengganggu Ginjal melalui terganggunnya Limpa.


Terlalu banyak makan Asam akan mengganggu Limpa melalui terganggunya Hati.


Terlalu banyak makan Pedas akan mengganggu Hati melalui terganggunya Paru2.


Terlalu banyak makan Asin akan mengganggu Jantung melalui terganggunya Ginjal.


Terlalu banyak makan pahit Misalnya: nikotin) akan mengganggu Paru2 melalui terganggunya Jantung.


Kebiasaan yang berlebihanpun akan menimbulkan penyakit2 seperti misalnya:


Terlalu banyak tidur akan mengganggu Shen Jantung.


Terlalu banyak berpikir akan mengganggu Ginjal, Jantung & Limpa.


Terlalu banyak duduk akan mengganggu Otot merusak Limpa.


Terlalu banyak berdiri akan mengganggu Tulang merusak Ginjal.


Terlalu banyak jalan akan mengganggu Tendon merusak Hati.


Terlalu banyak melihat akan menganggu Darah merusak Hati, Jantung & Limpa.


Terlalu banyak bicara menguras Chi (Energy Vital) merusak paru2.


Energy pada organ tubuh hendaknya seimbang, kelebihan energy Yin biasa disebut Xu atau kelebihan energy yang Yang biasa disebut Shi didalam tubuh akan mengakibatkan ketidak harmonisan.


Misalnya:


Xu Hati/Hepatic Asthenia gejalahnya Depresi


Xu Limpa/Splenic Asthenia Kelemahan Pikiran/konsentrasi


Xu Jantung/Cardiat Asthenic Kesedihan


Xu Paru-paru/Pumonarix Ast. Susah


Xu Ginjal/Renal Asthenic Takut


Shi Hati/Hepatic Neurosis Marah


Shi Jantung/Cardiat Neurosis Riang


Shi Limpa/Splenic Neurosis Obsesi


Shi Paru-paru/Palmonarix N. Acuh


Shi Ginjal/Renal Neurosis Sembrono.


Dengan spiritual energyling chi ( ) atau Shen ( ) menjadi murni maka enam napsu indra dan tujuh emosi atau tiga belas anasir akan menjadi menjadi 13 anasir yang berguna.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya senang memperhatikan tulisan Suhu mengenai TaiChi walaupun banyak yang saya tidak mengerti. Kalau boleh saya meminta kiranya Suhu menuliskan artikel kaitan antara Tai Chi dengan meridian. Misalnya gerak cambuk tunggal ( tan Pian) mempengaruhi meridian sebelah mana. Terima kasih salam hormat dari sunarjoagung@yahoo.com

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Sdr. Sunarjo Agung,

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.
Dengan berlatih taichi maka pikiran dan fisik kita menjadi relax. Dalam keadaan full relax maka kerjanya organ tubuh kita dapat lebih harmoni.
Dalam gerak taichi ada ketentuan bahwa satu gerak maka semuanya tidak ada yang tidak gerak, satu diam maka tidak ada yang tidak diam. Jaji sesungguhnya gerakan taichi mempengaruhi semua meridian dalam tubuh. Tapi kalau kita lihat gerakan tan pian yang kelihatan "seperti" fokus pada gerakan tangan maka bila kita lihat bahwa lengan kita dilalui oleh 6 meridian yaitu meridian paru-paru, jantung,pericardium, san ciao, usus kecil dan usus besar, maka bisa dikatakan meridian tsb akan mendapat pengaruh yang lebih dari gerakan tan pian. Tetapi sesungguhnya karena prinsip gerak dan tubuh serta pikiran adalah satu kesatuan maka saya lebih condong bahwa semua meridian akan mendapat pengaruh yang baik.

Ok hanya itu yang saya bisa uraikan mengenai pertanyaan anda, selanjutnya kunjungi saja blog ini sekali sekali siapa tahu saya ada posting baru. Tetapi maaf mungkin saya tidak dapat terlalu sering mengupdatenya semua karena waktu dan kesibukan saya yang tidak memungkinkan.

Terima-kasih

Salam

Joseph Jimi mengatakan...

energi yang cepat akan cepat hilang, dasar yang kuat akan lemah tetapi tidak merasakan lemah, Qi masuk semakin sedikit, dan menahan Qi adalah meguras energi, semakin diam dan sesak semakin terasa Qi Yin dari tingkat pertama Qi sinar rembulan, pada hakekatnya akan menjadi Qi es beku, dan keringat bagaikan embun dan kelembaban. inilah Yin kelembutan untuk kekuatan yang sangat lemah.waktu 1 jam adalah 1 kalpa energi dalam tubuh manusia. Yin bukan Yin, Yang dalam Yin, adalah lautan api dalam lautan es.Amitofo. semoga semua berguna untuk keabadian,, kitab 9 matahari adalah kitab setelah 9 rembulan, kitab ka 10 adalah perpaduan kitab yin dan Yang, pemindahan lagit dan bumi, dan kitab energi Qi Keabadian adalah di luar alam semesta. semua ada dalam wujud dan misteri Qi alam semesta.