Kamis, 16 Oktober 2008

ENAM LANGKAH

ENAM LANGKAH PENGAPIAN DAN PEMURNIAN.

  1. Timbulnya Yang ( ) ditandai dengan penampakan Yang atau Daya Hidup. Proses ini menunjukan mulai menyalahnya Api Kompor. Hanya ketika Dan Tian Bawah menjadi generator barulah dapat memanaskan ketiga Ketel Pemurnian. Diumpamakan juga sebagai Menempa Pedang, Menyalahkan Api, Menenangkan Diri dan Menguatkan Fondasi. Kompor atau dalam hal ini Dan Tian Bawah sering dihubungkan sebagai Fondasi atau Sumber Energy yang memungkinkan melakukan Pembersihan atau Pemurnian atas Jing Qi Shen )。
  2. Timbulnya Jing Qi Shen Murni. Prosesnya melibatkan penyatuan Jing dan pembersihan di Dan Tian Bawah ( )untuk dirubah dari Qi kotor menjadi Qi Murni atau Zhen Qi )。 Ketika napas turun ke Dan Tian Bawah dipertemukan oleh kenaikan Jing yang Murni maka Zhen Qi atau Vital Energy terbentuk. Hal ini disebut menyelamnya Api didalam Air, dimana Jing diumpamakan sebagai Air dan napas sebagai Api. Ketika Jing dipelihara didalam tubuh ia akan naik. Ketika pemurnian napas (Api) dikontrol maka nyalah Api akan turun. Ketika napsu birahi dilenyapkan, Jing atau generative energy tidak akan terboroskan. Ketika hati dikosongkan dari kemauan dan kemarahan Api akan turun. Penyelaman gerakan Api kebawah didalam gerakan Air keatas akan menghasilkan Zhen Qi.. Ini adalah yang dimaksud dengan Pemurnian Jing dalam perubahan menjadi Qi. Ketika Zhen Qi naik dan hati kosong dari kemelekatan dan napsu keinginan, Zhen Qi akan naik membuka gerbang yang menjaga Dan Tian Atas. Ketika Gerbang tidak terkunci lagi maka Shen yang Murni atau Ling Qi akan timbul.
  3. Setelah Jing Qi Shen bangkit maka perlu disatukan dan disimpan. Bila terpisahkan sendiri2 maka akan terhamburkan. Jing dan Qi mungkin dapat disimpan didalam tulang dan di Dan Tian Bawah serta Dan Tian Tengah. Qi juga dapat di sirkulasikan melalui meridian2 dalam tubuh. Dalam tingkat ini sangat dan sangat penting mencegah timbulnya bentuk2 pikiran atau Zhen Qi tidak akan bergabung. Pada saat penggabungan Jing Qi Shen, Zhen Qi harus melakukan Sirkulasi pertama melalui meridian2 lengkap satu putaran. Proses mengumpulkan ketiga energy tersebut dan menyatukannya ketingkat tidada perbedaan dengan keberadaan Xian Tian. Dengan manunggalnya Jing Qi Shen tersebut maka Jin Dan atau pill emas atau elixir terbentuk.
  4. Pengisian dan penyegelan. Setelah Qi dipersatukan maka “Container” harus disegel. Ini berarti pembukan bahwa Permata dapat dihamburkan sudah ditutup. Indra kita dapat berhubungan dengan dunia dan melalui hubungan tersebut timbullah napsu2 keinginan. Emosi dan kemarahan akan menghamburkan Qi dan napsu keinginan akan menghamburkan Shen. Jadi Penyimpanan dan Penyegelan adalah untuk mengatasi Emosi dan napsu keinginan.
  5. Xiao Zhou Tian . Mengelilingi Alam Kecil adalah Sirkulasi Jing Qi Shen melalui meridian Ren dan Tu.
  6. Pencucian.. Seringnya melakukan Xiao Zhou Tian akan membersihkan tubuh. Tubuh akan bebas dari bau badan dan kulit akan bercahaya. Pencucian juga menuju pembersihan hati dari Liu Yu Qi Qing ( )

8 komentar:

hendra bujang mengatakan...

Halo Suhu, aku hendra yang dulu sempat ikut latihan dibawah bimbingan suhu dan suheng2.Thanks for all effort, focus n care to teach us..Artikel yang disampaikan suhu sangat dalam dan berisi sampai2 saya harus membaca dan memahaminya dalam kondisi yang sangat relax. Mantap sekali..kita tunggu artikel2 berikutnya dari suhu...

Best regards
Hendra bujang,pemeerhati PS Alam
Semesta

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Hendra, apa kabar?
Terima-kasih atas kunjungannya dan syukurlah bila tertarik.
Kapan mau datang ke Depok?
Oh..yah nama perguruan kita sekarang jadi PW (Perguruan Wushu) Alam Semesta.
Ok sering2 kunjungi blog ini yah.
Salam.
Suhu.

Anonim mengatakan...

Hi Suhu, salam kenal.
Nama saya Suhardi usia 40 tahun. Sejak saya kecil, saya mempunyai minat untuk belajar beladiri ini, tapi terurungkan karena kesibukan yang saya jalani. Apakah dengan usia saya ini masih bisa mempelajari tai-chi sebagai beladiri?

Kemudian setelah saya membaca artikel-artikel yang suhu post, saya menjadi teringat kembali dengan minat saya. Apakah Suhu biasa melatih privat? Bagaimana cara saya menghubungi Suhu? Apakah saya bisa minta nomor HP Suhu?

Terima kasih

Suhardi

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr.Suhardi,
Untuk belajar sebenarnya tidaklah mengenal umur, dimana ada kemauan disana pasti ada jalannya.
Untuk belajar Tai Ji Quan, baiknya kita tidak usah terlalu ngotot untuk beladiri atau bukan. Yang penting kita ikuti saja prinsip2 dan metode2nya maka kemudian terserah kita sendiri untuk apa kita berlatih, tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi umur kita.
No.HP: 08186791216.
Salam.

Myblog mengatakan...

Selamat malam Ko Handaka aku Rudy ,kalau aku lihat blog KO Handaka koq rasanya agak pusing,sampai pelan2 aku lihat biar ngerti dikit2,yang engko buat di artikel ini taichi beladiri atau senam taichi 24 jurus yang biasa diperagakan di monas,saya penggemar taichi dan sering ikut latihan senam taichi di kelapa gading,mungkin kapan2 kita dapat berjumpa, aku ingin belajar dari suhu sendiri,kalau di jakarta latihannya dimana?emailku di rudytjahjono2002@gmail.com, salam sukses ya suhu

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Rudy,

Latihan Taichi sebenarnya untuk bela diri atau untuk kesehatan dan atau untuk sebagai latihan spiritual adalah sama bila kita melakukannya sesuai dengan prinsip2 Taichi yang ada. Yaitu Song/baca:sung atau kendur/relax total baik fisik maupun pikiran. Sayang sekali saya belum ada rencana mengajar di Kelapa Gading jadi anda dapat belajar dimanapun sama bila anda menerapkan prinsip2 Taichi yang ada.Ok?

Terima kasih atas kujungannya ke blog saya.

Salam
Suhu Handaka Tania.

Somala mengatakan...

suhu perkenalkan nama sya haso.. Saya seneng bget membaca artikel2 hususx taichi,bahkan saya sempat mengamalkan. Bagaimana si tanda2 bila sudah mengalami pencerahan?

Somala mengatakan...

suhu perkenalkan nama sya haso.. Saya seneng bget membaca artikel2 hususx taichi,bahkan saya sempat mengamalkan. Bagaimana si tanda2 bila sudah mengalami pencerahan?