Jumat, 10 Oktober 2008

XIAO ZHOU TIAN

XIAO ZHOU TIAN ( ) atau Sirkulasi Alam Kecil.

Yang dimaksud dengan Xiao Zhou Tian adalah bersirkulasinya energy yang telah dimurnikan atau Zhen Qi ( ) melalui saluran Jing Luo (baca Ching Luo) atau meridian didalam tubuh yaitu Tu Mo dan Ren Mo.

Jing Luo adalah saluran energy yang ada didalam tubuh kita. Secara singkat perlu kita ketahui bahwa didalam tubuh kita terdapat 12 Jing Luo yang berhubungan dengan Organ Tubuh, yaitu : Tai Yin Tangan Paru2, Shao Yin Tangan Jantung, Jie Yin Tangan Pericardium, Shao Yang Tangan – San Jiao, Tai Yang Tangan Usus Kecil, Yang Ming Tangan Usus Besar, Tai Yin Kaki – Limpa, Shao Yin Kaki Ginjal, Jie Yin Kaki Hati, Shao Yang Kaki Kandung Empedu, Tai Yang Kaki Kandung Kemih, Yang Ming Kaki Lambung..

Kemudian terdapat 8 Jing Luo Istimewa, sesuai dengan keadaan dan fungsinya masing2 dinamakan sebagai berikut: Ren, Tu, Zhong, Tai, Yang Jiao, Yin Jiao, Yang Wei dan Yin Wei.

Dalam pembicaraan kita mengenai Xiao Zhou Tian kita tidak akan membahas meridian2 tersebut kecuali Meridian Ren dan Tu. Dalam Xiao Zhou Tian kita berlatih menyadari dan mengarahkan Aliran Energy melalui Meridian Ren

dan Tu. Pada Meridian Ren terdapat 24 Xie Dao (baca:Sie Tao) dan pada Meridian Tu terdapat 28 Xie Dao yang dilalui energy (Qi) yang bersirkulasi. Secara structural Ren Mo terpusat pada pusar, dalam satu arah naik melalui bagian muka tubuh dan berakhir pada palate atau langit2 mulut.

Sesuai dengan Xiao Zhou Tian, ketika blockade antara Meridian Ren ( ) dan Tu dibuka maka terbentuklah saluran yang menghubungkan kedua Meridian tersebut hingga Qi dapat mengalir dalam gerakan sebuah lingkaran. Perut bawah akan dihubungkan dengan ubun2. Perut bawah disimbulkan sebagai Yin dan ubun2 sebagai Yang )。Konsekwensi dihubungkannya Meridian Ren dan Tu adalah bertemunya Air diperut bawah (Kan ) dengan Api (Li ) dikepala. Ini adalah pertemuan Kan dengan Li, menyelamnya Api didalam Air, menghasilkan pemulihan Qian dan Kun. Disebut juga sebagai kembalinya Roda Air atau kembalinya Jing ( ) ke Otak.

Dalam Xiao Zhou Tian energy bersirkulasi, dimulai dari Dan Tian (Qi Hai- 1.5 cun dibawah pusar) turun kebawah melalui meridian Ren dan Tu Xiedao2 penting lainnya, diantaranya adalah (saya tuliskan dalam ejaan bahasa Indonesia) : Kwan Yen – 2 cun dari batas atas symphysis pubis garis median tubuh, Ci Ku pada garis median tubuh atas symphysis pubis, menembus Hui Yin pada pertengahan perineum antara dubur dan alat kelamin, Cang Ciang ditengah-tengah antara dubur dan os coccygeus (Ujung tulang ekor), Ming Men pada tulang punggung diantara kedua ginjal, Tao Tao pada spinalis th 1, Ta Cui dibawah proc. Spinalis C7 setinggi pundak, Pai Hui pada ubun2, Yin Tang antara kedua alis mata (Tan Tian Atas), Su Liao tepat diujung hidung, Ren Cung dibawah hidung 1/3 atas jarak antara hidung dan tepi bibir atas, Cen Ciang tengah2 lekukan dibawah bibir bawah, Tien Tu tepat ditengah-tengah suprsternalis, Can Cung setinggi sela iga 4 ditengah-tengah antara putting susu, Cung Wan 4 cun diatas pusar disebut juga sebagai Tan Tian Tengah dan kemudian kembali ke Tan Tian bawah. Ini dikenal sebagai pencapaian yang kecil.

Ketika Energy (Qing Qi Shen) bersirkulasi keseluruh tubuh, dari kepala sampai kekaki dan keseluruh tubuh maka Da Chou Tian (baca: Ta Chou Tian ) tercapai. Ini dikenal sebagai pencapaian yang besar atau turunnya tiga api kebenaran.

9 komentar:

drlie81 mengatakan...

Ilmu kedokteran Timur dalam hal ini Tradisional Chinese Medicine dan Meditasi sangat berpengaruh dalam Ilmu Pengobatan dewasa ini,menurut saya seorang praktisi kesehatan seyogianya mempelajari juga Kedokteran Timur disamping mempelajari juga Kedokteran Barat.Menurut saya kedua ilmu ini tidak bisa disatukan namun bisa saling melengkapi!-drlie81-

Handaka Tania mengatakan...

Hallo drlie81

Saya sependapat dengan anda. Kedokteran Timur dan Barat adalah bagai unsur Yin dan Yang dalam ajaran Tao. Berbeda ttp saling melengkapi.
Xiexie.

Thom mengatakan...

Hallo Suhu Handaka. Saya tertarik dengan unsur Yin dan Yang. Bumi dan Langit, Gelap dan Terang, Dingin dan Panas, Sifat laki-laki dan Sifat perempuan.
Bumi dan Langit; Menerima dan Memberi. Bumi menerima rejeki berupa hujan, angin, sinar matahari. Langit memberikan rejeki berupa turunnya hujan, berhembusnya angin, pananya Sinar matahari. Manusia dan Tuhan. Manusia menerima berkat; Tuhan menurunkan Rahmat. Yin dan Yang. Terima dan Memberi.
Tiong, hari ini 1 Nop, tepat 30 tahun tinggal di Belanda. Terakhir kita bertemu singkat di Depok April 2007.

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr.Tiong,
Terima-kasih atas responnya.
Senang mengetahui bahwa anda tertarik pada filsafat Yin Yang dari ajaran Tao.
Kita pernah berlatih kungfu bersama-sama dibawah bimbingan Suhu Lim, jadi sebenarnya kita adalah saudara seperguruan.
Tahun depat kalau anda pulang ke Indonesia, senang sekali kalau anda mau mampir kerumah saya dan mungkin kita dapat bicara banyak mengenai filsafat.
Xiexie.

Thom mengatakan...

Hallo suhu Handaka,
Ya, nanti kalau ke Indonesia lagi pasti mampir, kalau kebetulan ada latihan intensif juga mau coba-coba ikut sekuatnya. Terima dan Memberi. Receiving & Giving. Gelap Gulita siap menerima terang. Terang Benderang siap memberi sinar. Begitulah Gelap berangsur menjadi Terang ketika menerima sinar. Terang berangsur menjadi Gelap ketika memberikan sinar. Pada puncaknya Gelap menjadi Terang. Terang menjadi Gelap. Malam menjadi Siang. Siang menjadi Malam. Malam berganti Siang.

Terima & Memberi. Receiving & Giving. Menangkis adalah Terima (enersi). Memukul adalah Memberi (enersi). Memberi (enersi) bisa dengan tujuan mematikan, bisa juga dengan tujuan menghidupkan. Mematikan dalam sikap combat. Menghidupkan dalam sikap penyembuhan menjadi sehat.

Tangkisan & Pukulan. Terima & Memberi. Receiving & Giving. Orang Cina menyebutkan: Yin & Yang.

Tiong.

Handaka Tania mengatakan...

Hallo Sdr.Tiong,
Rupanya anda sudah mendalami ajaran Tao. Tidak sabar saya menantikan kedatangan anda.
Xiexie.

Thom mengatakan...

Hallo Suhu Handaka,
Xie-Xie. Kebagian rejeki, orang Indonesia menyebut Yin Yang. Terima Memberi. Terima Kasih. aku terima KasihMu, Tuhan. Orang Inggeris menyebut thank you, menunjuk datar kepada kamu. Orang Indonesia menunjuk ke atas kepada Tuhan. Wah, ini sudah menyimpang dari tai-chi.
Tiong

Handaka Tania mengatakan...

Hallo sdr.Tiong apa kabar?
Saya beberapa kali menghubungi anda melalui Email selalu gagal. Kenapa yah?
Tetapi melalui blog ini saja saya ucapkan:
Selamat Hari Natal dan Tahun Baru.
Semoga selalu sehat dan tambah sukses serta dapat mendapat Pencerahan.
Salah buat keluarga!

Handaka Tania mengatakan...

Ralatada kesalahan ketik buat sdr.Tiong. Salah buat keluarga seharusnya Salam buat keluarga.
Maaf yah, maklum matanya kadang2 agak ngaco.